Pilihan Warna Pakaian Untuk Wawancara Kerja

Beranda » Blog » Kemeja » Pilihan Warna Pakaian Untuk Wawancara Kerja
Menandatangani kontrak kerja
Warna pakaian yang tepat bisa membantumu untuk mendapatkan pekerjaan. Foto oleh Ambro /  FreeDigitalPhotos.net

Mengenakan pakaian yang cocok untuk wawancara kerja sama pentingnya dengan wawancara kerja itu sendiri. Karena pakaian yang kamu pakai akan mencerminkan dirimu yang sesungguhnya. Pilihan warna pakaian yang tepat  bisa membantumu untuk mendapatkan pekerjaan, jadi warna apakah yang harus kamu pilih untuk pakaian yang kamu kenakan saat wawancara kerja?

Penelitian menunjukkan bahwa 85% komunikasi adalah nonverbal, jadi memilih warna pakaian yang tepat untuk wawancara kerja adalah hal yang penting. Tentu saja kalau jawaban yang kamu berikan saat wawancara salah maka warna pakaian tidak akan membantumu. Tapi warna pakaian yang tepat bisa memperkuat kepribadianmu yang positif.

Warna-warna tradisional seperti hitam, biru, abu-abu, coklat lebih cocok untuk dipakai saat wawancara kerja. Sedangkan warna yang lebih cerah seperti orange, tidak cocok untuk wawancara kerja.

Berikut ini beberapa pilihan warna pakaian untuk wawancara kerja:

Hitam

Hitam adalah warna kekuasaan dan wewenang. Hitam populer dalam fashion karena membuat seseorang terlihat lebih ramping dan gaya. Tapi hindari terlalu banyak warna hitam karena kamu terlihat seperti menjaga jarak.

Abu-abu

Abu-abu adalah warna yang paling populer untuk wawancara kerja karena menunjukkan keyakinan. Abu-abu bukan warna yang bisa mengalihkan perhatian sehingga pewawancara bisa lebih fokus pada dirimu dan bukan pada pakaianmu.

Putih

Putih populer dalam fashion karena netral dan cocok dengan warna apa saja. Memakai pakaian putih saat wawancara kerja menunjukkan kepribadian yang bersih dan sederhana.

Merah

Merah adalah warna yang paling intensif dan agresif, merah bisa memicu denyut jantung dan nafas yang lebih cepat. Merah juga merupakan warna cinta dan gairah. Pakaian merah bisa membuatmu jadi pusat perhatian tapi juga membuatmu terlihat lebih berat. Karena warna merah sangat intensif, maka pakaian ini tidak cocok untuk wawancara kerja.

Kuning

Warna kuning yang ceria merupakan cara yang bagus untuk mendapat perhatian. Kuning adalah warna yang sulit dilihat oleh mata sehingga jangan memakainya dengan berlebihan. Kuning bisa membantu konsentrasi asal jangan terlalu banyak.

Hijau

Hijau adalah simbol alam. Hijau adalah warna yang paling sejuk dipandang. Hijau bersifat menenangkan dan menyegarkan. Sedangkan hijau tua bersifat maskulin dan konservatif.

Biru

Biru adalah warna langit dan lautan. selain itu biru adalah salah satu warna yang populer. Biru yang damai dan hening bisa menenangkan tubuh. Konsultan fashion menyarankan untuk memakai pakaian warna biru saat wawancara kerja karena menunjukkan kesetiaan dan pengendalian diri.

Ungu

Ungu adalah warna para bangsawan, ungu menunjukkan kekayaan dan kemewahan. tapi ungu tidak cocok untuk dipakai saat wawancara kerja karena ungu juga bisa diartikan feminin dan romantis. Selain itu ungu juga merupakan warna yang jarang terlihat di alam sehingga pemakainya terlihat tidak alami.

Coklat

Warna coklat adalah warna yang bersifat solid dan bisa diandalkan. Coklat merupakan warna tanah. Coklat muda menunjukkan kejujuran. Memakai warna coklat saat wawancara kerja bisa mencerminkan stabilitas dan komunikasi.

Tentu saja pilihan warna sebaik apapun tidak akan membantumu jika kamu tidak mempunyai keahlian dan pengalaman dan tidak akan membantumu menjawab pertanyaan wawancara. Tapi warna pakaian yang tepat bisa membantumu untuk terlihat lebih baik dan lebih menonjol dibanding peserta wawancara yang lain. Warna pakaian yang tepat bisa membantumu untuk mendapatkan pekerjaan.

 [/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

Tinggalkan komentar